VIRAL

Kayen- Jumat (27/7) bertempat di SMP N 01 Kayen, mahasiswa KKN UNDIP tengah memberikan sosialisasi kepada siwa-siswi di SMP favorit tersebut. Mereka memberikan pemahaman terkait pentingnya safety riding, Motivasi Jiwa Wirausaha Muda di Era Digital (VIRAL), dan pemberian Pendampingan dalam menggunakan media sosial yang baik dan bijak berdasarkan “UU  Informasi dan Transaksi Elektronik  nomor 19 tahun 2016 ”.

Penanaman jiwa kepatuhan mengenai rambu – rambu lalu lintas terhadap pelajar diperlukan, karena saat ini masih banyak yang tidak memenuhi ketentuan tertib berlalu lintas sebagaimana diatur dalam peratura perundang-undangan tentang lalu lintas seperti tidak memakai helm, tidak mempunyai surat-surat berkendara, tidak mematuhi rambu lalu lintas dan lain sebagainya. Harapan dari pemberian pemahaman ini adalah meningkatkan kesadaran dari setiap individu khususnya pelajar SMP mengenai pentingnya menaati peraturan berlalu lintas demi keselamatan baik pribadi maupun orang lain.

Kemudian mahasiswa KKN UNDIP juga memberikan motivasi jiwa wirausaha di era digital kepada siswa-siswi SMP. Mengingat anak-anak SMP saat ini masuk dalam kategori generasi Z yang serba digital, maka diharapkan mereka tidak hanya menjadi penikmat saja tetapi juga memanfaatkan zaman digital ini sebagai peluang usaha. Hanya orang-orang yang termotivasi, kreatif, dan inovatif saja yang dapat mewujudkannya. Para generasi muda di desa Kayen khususnya pelajar sekolah menengah pertama (SMP) yang notabennya merupakan desa yang tidak tertinggal oleh dunia digital karena kebanyakan dari mereka sudah memiliki smartphone yang digunakan hanya untuk kegiatan tanpa menghasilkan uang padahal mereka dapat memanfaatkan smartphone nya untuk memulai suatu bisnis dan menjadi wirausaha muda.

Selain memberi motivasi terkait motivasi jiwa wirausaha di era digital yang serba elektronik tersebut, mahasiswa KKN UNDIP juga memberikan pemahaman mengenai tata cara menggunakan media sosial yang baik dan benar sesuai UU no 19 tahun 2016 tentang Informasi Teknologi dan Elektronik (ITE) , agar mereka anak-anak SMP tidak terkena dampak negatif dari penggunaan media sosial.

Unjuk jari kekepoan anak-anak SMP cara menjadi VIRAL
peserta yang berhasil menjawab kuis safety riding
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan